Archimate - Struktur Bahasa
3 Struktur Bahasa
Bab ini menjelaskan struktur pemodelan Arsitektur Perusahaan ArchiMate
bahasa. Definisi dan contoh terperinci dari serangkaian elemen dan hubungan standarnya
ikuti di Bab 4 hingga Bab 13.
3.1 Pertimbangan Desain Bahasa Tantangan utama dalam pengembangan metamodel umum untuk Arsitektur Perusahaan adalah untuk
mencapai keseimbangan antara kekhususan bahasa untuk domain arsitektur individual dan serangkaian konsep arsitektur yang sangat umum, yang mencerminkan pandangan sistem sebagai sekumpulan entitas yang saling terkait. Desain bahasa ArchiMate dimulai dari serangkaian konsep yang relatif generik. Ini telah dikhususkan untuk aplikasi pada lapisan arsitektur yang berbeda, seperti yang dijelaskan pada bagian berikut. Pembatasan desain yang paling penting pada bahasa adalah bahwa ia telah secara eksplisit dirancang untuk menjadi sekecil mungkin, tetapi masih dapat digunakan untuk sebagian besar tugas pemodelan Arsitektur Perusahaan. Banyak bahasa lain mencoba mengakomodasi kebutuhan semua pengguna yang memungkinkan. Demi kesederhanaan pembelajaran dan penggunaan, bahasa ArchiMate telah terbatas pada konsep-konsep yang cukup untuk memodelkan 80% kasus praktis.
Standar ini tidak menjelaskan alasan terperinci di balik desain ArchiMate
bahasa. Pembaca yang tertarik disebut [1], [2], dan [3], yang memberikan rincian
deskripsi konstruksi bahasa dan pertimbangan desain.
3.2 Struktur Bahasa Tingkat Atas
Gambar 1 menguraikan struktur hirarki tingkat atas bahasa:
Model adalah kumpulan konsep - konsep adalah elemen atau hubungan
Elemen adalah elemen perilaku, elemen struktur, elemen motivasi, atau a
elemen komposit Perhatikan bahwa ini adalah konsep abstrak; mereka tidak dimaksudkan untuk digunakan secara langsung dalam model. Untuk menandakan ini, mereka digambarkan dalam warna putih dengan label dalam huruf miring
3.3 Layering Bahasa ArchiMate
Bahasa inti ArchiMate mendefinisikan struktur elemen generik dan hubungannya, yang dapat dikhususkan pada lapisan yang berbeda. Tiga lapisan didefinisikan dalam bahasa inti ArchiMate sebagai berikut:
1. Lapisan Bisnis menggambarkan layanan bisnis yang ditawarkan kepada pelanggan, yang diwujudkan dalam organisasi melalui proses bisnis yang dilakukan oleh para pelaku bisnis.
2. Lapisan Aplikasi menggambarkan layanan aplikasi yang mendukung bisnis, dan
aplikasi yang terealisasi.
3. Lapisan Teknologi menggambarkan layanan teknologi seperti pemrosesan, penyimpanan, dan
layanan komunikasi diperlukan untuk menjalankan aplikasi, dan komputer dan perangkat keras komunikasi dan perangkat lunak sistem yang mewujudkan layanan tersebut. Fisik elemen dimasukkan untuk pemodelan peralatan fisik, bahan, dan distribusi jaringan ke lapisan ini.
Struktur umum model dalam lapisan yang berbeda serupa. Jenis elemen dan hubungan yang sama digunakan, meskipun sifat dan granularitasnya yang tepat berbeda. Dalam bab berikutnya, struktur metamodel generik disajikan. Dalam Bab 8, Bab 9, dan Bab 10, elemen-elemen ini dikhususkan untuk mendapatkan elemen-elemen spesifik untuk lapisan tertentu.
Sejalan dengan orientasi layanan, hubungan paling penting antara lapisan dibentuk oleh hubungan “melayani” , yang menunjukkan bagaimana elemen-elemen dalam satu lapisan dilayani oleh layanan
dari lapisan lain. (Namun, perlu diketahui bahwa layanan tidak hanya melayani elemen di lapisan lain, tetapi juga dapat melayani elemen di lapisan yang sama.) Tipe tautan kedua dibentuk oleh realisasi
3.4 Kerangka Inti ArchiMate
ArchiMate Core Framework adalah kerangka kerja sembilan sel yang digunakan untuk mengklasifikasikan elemen
Bahasa inti ArchiMate. Ini terdiri dari tiga aspek dan tiga lapisan, seperti yang diilustrasikan dalam Gambar
2. Ini dikenal sebagai ArchiMate Core Framework.
Penting untuk dipahami bahwa klasifikasi elemen berdasarkan aspek dan layer hanya bersifat global. Elemen-elemen arsitektur kehidupan nyata tidak perlu terbatas pada satu aspek atau lapisan saja, karena elemen-elemen yang menghubungkan berbagai aspek dan lapisan memainkan peran sentral dalam koheren.
deskripsi arsitektur. Misalnya, berlari agak mendahului konseptual kemudian
diskusi, peran bisnis berfungsi sebagai elemen perantara antara elemen "murni perilaku" dan elemen "murni struktural", dan itu mungkin tergantung pada konteks apakah perangkat lunak tertentu dianggap sebagai bagian dari Lapisan Aplikasi atau Lapisan Teknologi.
Struktur kerangka kerja memungkinkan untuk pemodelan perusahaan dari sudut pandang yang berbeda, di mana posisi dalam sel menyoroti keprihatinan para pemangku kepentingan. Stakeholder biasanya dapat memiliki masalah yang mencakup banyak sel.
Dimensi kerangka kerja adalah sebagai berikut:
Lapisan - tiga tingkat di mana suatu perusahaan dapat dimodelkan dalam ArchiMate - Bisnis, Aplikasi, dan Teknologi (seperti yang dijelaskan dalam Bagian 3.3)
Aspek:
- Aspek Struktur Aktif, yang mewakili elemen struktural (pelaku bisnis, komponen aplikasi, dan perangkat yang menampilkan perilaku aktual; yaitu,
"Subjek" aktivitas)
- Aspek Perilaku, yang mewakili perilaku (proses, fungsi, peristiwa, dan
layanan) yang dilakukan oleh para aktor; elemen struktural ditugaskan untuk elemen perilaku, untuk menunjukkan siapa atau apa yang menampilkan perilaku
- Aspek Struktur Pasif, yang mewakili objek di mana perilaku
dilakukan; ini biasanya objek informasi dalam Lapisan Bisnis dan objek data
di Layer Aplikasi, tetapi mereka juga dapat digunakan untuk mewakili objek fisik
Elemen komposit, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1, adalah elemen yang tidak selalu cocok dalam satu aspek (kolom) kerangka kerja, tetapi dapat menggabungkan dua aspek atau lebih.
Perhatikan bahwa bahasa ArchiMate tidak memerlukan pemodel untuk menggunakan tata letak tertentu seperti struktur kerangka kerja ini; itu hanya kategorisasi elemen bahasa.
3.5 Kerangka Penuh ArchiMate
ArchiMate Full Framework, seperti yang dijelaskan dalam versi standar ini, menambahkan sejumlah
lapisan dan aspek Kerangka Inti. Elemen fisik termasuk dalam
Lapisan Teknologi untuk memodelkan fasilitas dan peralatan fisik, jaringan distribusi, dan material. Dengan demikian, ini juga merupakan elemen inti. Mereka dijelaskan dalam Bab 11. Elemen-elemen strategi diperkenalkan untuk memodelkan arah dan pilihan strategis. Mereka dijelaskan dalam Bab
7. Aspek motivasi diperkenalkan pada tingkat generik pada bab berikutnya dan dijelaskan secara rinci dalam Bab 6. Elemen implementasi dan migrasi dijelaskan dalam Bab 13. Kerangka Kerja ArchiMate Full yang dihasilkan ditunjukkan pada Gambar 3.
Bahasa ArchiMate tidak mendefinisikan lapisan khusus untuk informasi; Namun, elemen
dari aspek struktur pasif seperti objek bisnis, objek data, dan objek teknologi
digunakan untuk mewakili entitas informasi. Pemodelan informasi didukung di berbagai berbeda
Lapisan ArchiMate.
3.6 Abstraksi dalam Bahasa ArchiMate
Struktur bahasa ArchiMate mengakomodasi beberapa bentuk abstraksi dan penyempurnaan. Pertama-tama, perbedaan antara tampilan eksternal (kotak hitam, abstrak dari isi kotak) dan internal (kotak putih) adalah umum dalam desain sistem. Tampilan eksternal menggambarkan apa yang harus dilakukan sistem untuk lingkungannya, sedangkan tampilan internal menggambarkan bagaimana hal ini dilakukan.
Kedua, perbedaan antara perilaku dan struktur aktif umumnya digunakan untuk memisahkan apa yang harus dilakukan sistem dan bagaimana sistem melakukannya dari konstituen sistem (orang,
aplikasi, dan infrastruktur) yang melakukannya. Dalam memodelkan sistem baru, sering kali berguna untuk memulai dengan perilaku yang harus dilakukan sistem, sementara dalam memodelkan sistem yang ada, sering kali berguna untuk memulai dengan orang-orang, aplikasi, dan infrastruktur yang terdiri dari sistem, dan kemudian menganalisis secara rinci perilaku yang dilakukan oleh struktur aktif ini.
Perbedaan ketiga adalah antara tingkat abstraksi konseptual, logis, dan fisik. Ini berakar pada pemodelan data: elemen konseptual mewakili informasi bisnis yang relevan; elemen logis menyediakan struktur logis untuk informasi ini untuk manipulasi oleh sistem informasi; elemen fisik menggambarkan penyimpanan informasi ini; misalnya dalam bentuk file atau tabel database. Dalam bahasa ArchiMate, ini berhubungan dengan objek bisnis, objek data, dan artefak, dan hubungan realisasi di antara mereka.
Perbedaan antara elemen logis dan fisik juga telah dibawa ke
deskripsi aplikasi. Metamodel Konten TOGAF [4] menjelaskan data logis dan fisik, aplikasi, dan komponen teknologi. Komponen logis adalah implementasi atau enkapsulasi data atau fungsionalitas yang tidak tergantung produk, sedangkan komponen fisik adalah komponen perangkat lunak yang nyata, perangkat, dll. Perbedaan dalam kerangka kerja TOGAF
antara Architecture Building Blocks (ABBs) dan Solution Building Blocks (SBBs) sangat
serupa. Perbedaan ini sekali lagi berguna dalam memajukan Arsitektur Perusahaan dari deskripsi abstrak tingkat tinggi ke desain nyata dan implementasi. Perhatikan bahwa blok bangunan dapat berisi beberapa elemen, yang biasanya dimodelkan menggunakan konsep pengelompokan di
Bahasa ArchiMate.
Bahasa ArchiMate memiliki tiga cara pemodelan abstraksi semacam itu. Pertama, seperti yang dijelaskan dalam [6], elemen perilaku seperti fungsi aplikasi dan teknologi dapat digunakan untuk memodelkan komponen logis, karena mereka mewakili enkapsulasi fungsionalitas implementasi-independen.
Komponen fisik yang sesuai kemudian dapat dimodelkan menggunakan elemen struktur aktif seperti komponen aplikasi dan node, ditugaskan untuk elemen perilaku. Kedua, bahasa ArchiMate mendukung konsep realisasi. Ini bisa digambarkan dengan bekerja dengan Lapisan Teknologi ke atas. Lapisan Teknologi mendefinisikan artefak fisik dan perangkat lunak yang mewujudkan komponen aplikasi. Ini juga menyediakan pemetaan untuk konsep fisik lain seperti perangkat, jaringan, dll yang diperlukan untuk realisasi sistem informasi. Hubungan ealisasi juga digunakan untuk memodelkan jenis realisasi yang lebih abstrak, seperti itu
antara persyaratan (lebih spesifik) dan prinsip (lebih umum), di mana pemenuhan persyaratan menyiratkan kepatuhan terhadap prinsip tersebut. Realisasi juga diperbolehkan antara komponen aplikasi dan antar node. Dengan cara ini Anda dapat memodelkan aplikasi fisik atau komponen teknologi secara berturut-turut merealisasikan aplikasi logis atau komponen teknologi. Ketiga, komponen aplikasi logis dan fisik dapat didefinisikan sebagai spesialisasi elemen komponen aplikasi, seperti yang dijelaskan dalam Bab 15 (lihat juga contoh dalam Bagian 15.2.2). Hal yang sama berlaku untuk komponen teknologi logis dan fisik dari Metamodel Konten TOGAF, yang dapat didefinisikan sebagai spesialisasi elemen simpul (lihat Bagian 15.2.3).
Bahasa ArchiMate sengaja tidak mendukung perbedaan antara tipe dan
contoh. Pada tingkat abstraksi Arsitektur Perusahaan, lebih umum untuk memodelkan jenis dan / atau contoh daripada contoh. Demikian pula, proses bisnis dalam bahasa ArchiMate tidak menggambarkan contoh individual (mis., Satu eksekusi dari proses itu). Dalam kebanyakan kasus, objek bisnis karenanya digunakan untuk memodelkan tipe objek (lih. UML®
kelas), yang beberapa contoh mungkin ada dalam organisasi. Misalnya, setiap pelaksanaan proses aplikasi asuransi dapat menghasilkan contoh spesifik dari objek bisnis polis asuransi, tetapi itu tidak dimodelkan dalam Arsitektur Perusahaan.
3.7 Konsep dan Notasi mereka
Bahasa ArchiMate memisahkan konsep bahasa (yaitu, konstituen dari
metamodel) dari notasi mereka. Kelompok pemangku kepentingan yang berbeda mungkin memerlukan notasi yang berbeda untuk memahami model atau pandangan arsitektur. Dalam hal ini, bahasa ArchiMate berbeda dari bahasa seperti UML atau BPMN ™, yang hanya memiliki satu notasi standar.
Mekanisme sudut pandang yang dijelaskan dalam Bab 14 menyediakan sarana untuk mendefinisikan visualisasi yang berorientasi pada pemangku kepentingan tersebut.
Meskipun notasi konsep ArchiMate dapat (dan seharusnya) spesifik untuk pemangku kepentingan, standar ini memberikan satu notasi grafis umum yang dapat digunakan oleh arsitek dan lainnya yang mengembangkan model ArchiMate. Notasi ini ditargetkan untuk audiens yang digunakan untuk teknik pemodelan teknis yang ada seperti Entity Relationship Diagram (ERDs), UML, atau BPMN, dan karenanya menyerupai mereka. Di sisa dokumen ini, kecuali dinyatakan lain, simbol yang digunakan untuk menggambarkan konsep bahasa mewakili notasi standar ArchiMate. Notasi standar ini untuk sebagian besar elemen terdiri dari sebuah kotak dengan ikon di sudut kanan atas. Dalam beberapa kasus, ikon ini dengan sendirinya juga dapat digunakan sebagai notasi alternatif. Ikonografi standar ini harus diutamakan sedapat mungkin sehingga siapa pun yang mengetahui bahasa ArchiMate dapat membaca diagram yang dihasilkan dalam bahasa tersebut.
3.8 Penggunaan Nesting
Elemen bersarang di dalam elemen lain dapat digunakan sebagai notasi grafis alternatif
mengekspresikan beberapa hubungan. Ini dijelaskan secara lebih rinci dalam Bagian 5.1 dan dalam definisi masing-masing hubungan ini.
3.9 Penggunaan Warna dan Petunjuk Notasi
Dalam gambar-gambar metamodel dalam standar ini, nuansa abu-abu digunakan untuk membedakan elemen-elemen yang dimiliki oleh berbagai aspek kerangka ArchiMate, sebagai berikut:
Putih untuk konsep abstrak (mis., Non-instantiable)
Abu-abu terang untuk struktur pasif
Abu-abu sedang untuk perilaku
Abu-abu gelap untuk struktur aktif
Dalam model ArchiMate, tidak ada semantik formal yang ditetapkan untuk warna dan penggunaan warna
diserahkan kepada pemodel. Namun, mereka dapat digunakan secara bebas untuk menekankan aspek-aspek tertentu dalam model.
Misalnya, dalam banyak model contoh yang disajikan dalam standar ini, warna digunakan untuk itu
membedakan antara lapisan ArchiMate Core Framework, sebagai berikut:
Kuning untuk Lapisan Bisnis
Biru untuk Lapisan Aplikasi
Hijau untuk Lapisan Teknologi
Mereka juga dapat digunakan untuk penekanan visual. Panduan pemberian teks yang disarankan adalah Bab
6 dari [1].
Selain warna, isyarat notasi lainnya dapat digunakan untuk membedakan antara lapisan
kerangka kerja. Huruf M, S, B, A, T, P, atau I di sudut kiri atas elemen dapat digunakan untuk
menunjukkan Motivasi, Strategi, Bisnis, Aplikasi, Teknologi, Fisik, atau Implementasi
& Elemen migrasi, masing-masing. Contoh notasi ini digambarkan dalam Contoh 34.
Notasi standar juga menggunakan konvensi dengan bentuk sudut simbolnya
berbagai jenis elemen, sebagai berikut:
Sudut kotak digunakan untuk menunjukkan elemen struktur
Sudut bundar digunakan untuk menunjukkan elemen perilaku
Sudut diagonal digunakan untuk menunjukkan elemen motivasi
<< Home