Friday, 5 July 2019

Apakah Moodle


Moodle digunakan di banyak bidang pendidikan untuk menyediakan berbagai sumber daya dan kegiatan untuk mendukung pembelajaran. Namun, ini juga dapat digunakan untuk mengelola pembelajaran dan mencatat kemajuan.
Tulisan ini akan menjelaskan penggunaan area nilai Moodle, juga dikenal sebagai Buku Nilai, di mana nilai untuk pekerjaan yang telah selesai dapat dicatat dan nilai akhir dapat dihitung. Anda juga akan mempelajari berbagai opsi untuk menilai pekerjaan, menyesuaikan bagaimana nilai muncul, dan cara melihat kemajuan melalui berbagai laporan. Buku ini didasarkan pada Moodle 2.7 dan akan menyoroti beberapa fitur inti dalam Moodle yang melengkapi Buku Nilai.
Buku ini akan memberikan petunjuk langkah-demi-langkah dengan tangkapan layar untuk mengarahkan Anda menyiapkan Buku Nilai, menambahkan tugas dengan nilai, dan melaporkan kemajuan.
Apa yang dicakup buku ini
Buku ini adalah pengantar Buku Nilai dan menjelaskan bagaimana buku itu dapat digunakan untuk mengelola penilaian. Itu tidak menjelaskan setiap opsi yang mungkin dalam area nilai dan kegiatan karena ada terlalu banyak. Namun, itu akan mencakup elemen paling umum yang dapat digunakan dan disesuaikan untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan kursus.
Bab f, Pengantar Buku Nilai, berisi ikhtisar berbagai elemen Buku Nilai dan bagaimana penerapannya dalam kursus online. Ini mengatur adegan untuk instruksi praktis yang disediakan di seluruh buku ini.
Bab 2, Kustomisasi Nilai, berisi petunjuk langkah demi langkah tentang cara membuat skala khusus Anda sendiri (menggunakan pernyataan dan bukan angka) dan menggunakan nilai huruf (huruf atau kata yang dikaitkan dengan persentase). Hasil juga dijelaskan untuk memungkinkan pencatatan yang lebih rinci dalam penilaian.

1
Selamat datang di Moodle sebagai Kurikulum dan Sistem Manajemen Informasi ICIMS1!
Anda sedang dalam perjalanan untuk mempelajari cara memperluas penggunaan sistem Moodle agar berfungsi sebagai portal pertukaran informasi, kolaborasi profesional, dan manajemen kurikulum.
Bab ini akan mulai dengan dasar-dasar dengan memperkenalkan konsep-konsep dan membantu Anda untuk menginstal dan mengkonfigurasi situs Anda. Topik-topik berikut akan dibahas dalam bab ini:
♦ Penjelasan singkat tentang Moodle, filosofi dan desain yang mendasarinya
♦ Pengantar ide CIMS
♦ Instalasi moodle
♦ Pengaturan dasar, konfigurasi, dan penyesuaian situs Moodle Anda
Apa itu MoodleP?
Moodle adalah paket perangkat lunak berbasis web yang memungkinkan Anda untuk menciptakan lingkungan di mana program pendidikan dapat disampaikan. Apa artinya? Moodle memungkinkan Anda untuk membuat lingkungan kursus di mana semua jenis pendidikan dapat dilakukan. Moodle sekarang adalah paket perangkat lunak pembelajaran online yang paling banyak digunakan dengan lebih dari 49.000 situs Moodle terdaftar pada kuartal pertama 2010. Ini digunakan oleh lembaga pendidikan swasta dan publik mulai dari taman kanak-kanak hingga universitas serta oleh berbagai bisnis, -profit organisasi, badan pemerintah, dan fasilitas kesehatan untuk hampir setiap pelatihan dan program pendidikan yang bisa dibayangkan.


A VIE, IMS, dan CMS
Ada banyak akronim di luar sana hari ini yang mengklaim Moodle sebagai anggota 'grup' mereka. Moodle dikategorikan sebagai VLE (Lingkungan Belajar Virtual) atau LMS (Sistem Manajemen Pembelajaran) karena fokusnya pada pembelajaran dan pendidikan. Selain itu, Moodle dideskripsikan sebagai CMS (Sistem Manajemen Kursus), sebuah LCMS (Sistem Manajemen Konten Pembelajaran), dan kadang-kadang bahkan CMS (Sistem Manajemen Konten).
Masing-masing kategori sistem ini memiliki karakteristik yang unik dan mendefinisikan sendiri tetapi untuk sebagian besar dari mereka, ada lebih banyak kesamaan daripada perbedaan. Masing-masing adalah paket perangkat lunak yang diinstal pada server dan diatur untuk diakses melalui Internet atau, dalam beberapa pengaturan bisnis, melalui intranet (jaringan internal). Mayoritas dari mereka dirancang untuk memungkinkan penciptaan dan pemeliharaan lingkungan pembelajaran online. Dua kategori sistem yang paling banyak digunakan yang digunakan untuk menggambarkan Moodle, LMSs, dan VLEs, sering digunakan secara bergantian, meskipun istilah LMS umumnya digunakan untuk menggambarkan sistem lingkup yang lebih luas yang mencakup kemampuan untuk melakukan tugas-tugas administratif yang terlibat dalam pendidikan seperti pelaporan, dokumentasi, dan analisis. Fleksibilitas Moodle, dalam hal bagaimana hal itu dapat diatur dan dipelihara, adalah salah satu alasan utama untuk dimasukkan dalam hampir setiap kategori paket perangkat lunak pembelajaran online. Dalam pengertian ini, Moodle mirip dengan bunglon yang mampu 'mengubah warnanya', atau mengubah fokusnya, untuk memenuhi kebutuhan masing-masing institusi dan pengguna.
Menggunakan Moodle sebagai CIMS
Di sebagian besar institusi, ada kebutuhan untuk memelihara data dan informasi yang berkaitan dengan pendidikan yang terjadi serta untuk melakukan berbagai tugas periferal yang tidak terkait langsung, atau berada pada tingkat makro dengan pendidikan itu sendiri.
Beberapa contoh jenis pekerjaan sampingan ini adalah:
♦ Pemantauan catatan kehadiran siswa
♦ Menyajikan informasi penawaran kursus kepada siswa agar mereka dapat membuat keputusan tentang kursus apa yang akan diambil
♦ Menetapkan program untuk siswa dalam program di mana siswa tidak diizinkan untuk memilih program mereka sendiri
♦ Mengontrol kursus mana, dan berapa banyak kursus, siswa dapat mendaftar atau mendaftar
♦ Menetapkan batasan pada berapa banyak siswa yang dapat mendaftar dalam satu kursus
♦ Memberikan dan menganalisis tes terstandarisasi kepada siswa di sekolah atau jenis lain dari program pendidikan atau pelatihan dan berbagai tugas dan kegiatan jenis pendidikan, administrasi, dan kolaborasi lainnya

Karena Moodle dirancang untuk sangat fleksibel dan disediakan sebagai paket sumber terbuka, maka cukup mudah untuk diperluas, dan bahkan memperluas Moodle melalui penggunaan imajinatif, pemasangan plugin kontribusi pihak ketiga, dan manipulasi kode kecil untuk memungkinkannya berfungsi sebagai sebuah sistem yang membantu mengelola kurikulum pendidikan dan untuk mendukung aliran dan penggunaan informasi yang diakumulasikan dan dicerna dalam pengaturan pendidikan tersebut. Dengan demikian, Moodle akan berfungsi sebagai apa yang saya sebut Kurikulum dan Sistem Manajemen Informasi (CIMS), sementara secara bersamaan berfungsi sebagai LMS. Gagasan CIMS merangkum berbagai tugas yang mengelilingi lembaga pendidikan dan mencakup fungsi yang sering dilakukan oleh Portal, Sistem Informasi Mahasiswa (SIS), dan Sistem Manajemen Konten (CMS). Sebagai CIMS, Moodle dapat melakukan semua tugas yang tercantum dalam paragraf sebelumnya serta sejumlah tugas lainnya yang akan diperkenalkan pada bab-bab berikutnya. Bersiaplah untuk petualangan yang menyenangkan dalam menyiapkan Moodle sebagai CIMS dan LMS inti Anda!